0812 8282 9292, Kosmetik Wajah Untuk Ibu Hamil

Kosmetik Wajah Ibu Hamil

Posted by on May 23, 2018 in Kosmetik Wajah

Kosmetik Wajah Ibu Hamil – Memperoleh kehamilan tentunya menjadi sebuah anugrah tersendiri untuk seorang wanita. Namun paparan kimia tertentu, disinyalir dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Hal seperti ini yang sedikit banyak membuat para calon ibu menjadi bingung, bagaimana cara memilih produk kosmetik wajah yang aman untuk ibu hamil. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, dalam memilih produk kosmetik yang aman selama proses kehamilan berlangsung, antara lain :

  1. Kondisi kulit

Sebelum Anda memilih dan menggunakan produk kosmetik yang dinilai tepat, selama kehamilan. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi kulit yang Anda miliki. Seperti diketahui bersama jenis kulit terdiri atas 4 macam, yaitu, kulit sensitif, kulit normal, kulit berminyak, dan jenis kulit kering.

Masing-masing jenis kulit mempunyai permasalahannya masing-masing. Itu sebabnya, cara mengatasinya juga berbeda-beda. Misalnya saja, seseorang yang mempunyai jenis kulit, berminyak, sebaiknya memilih produk perawatan kulit water based, agar tidak menambah kandungan minyak pada kulit. Biasanya produk tersebut dikemas dalam bentuk lotion. Lain halnya jika kulit Anda kering, sebaiknya gunakan produk oil based, yang mengandung minyak, untuk membantu melembabkan kulit wajah. Biasanya produk tersebut, berbentuk cream.

Dengan memperhatikan jenis kulit yang Anda miliki sekarang, sedikit banyak membantu Anda dalam memilih produk kosmetik yang tepat, dan sesuai kebutuhan kulit.

  1. Kandungan bahan pada produk

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah, kandungan bahan pada produk kosmetik untuk ibu hamil tersebut. Pada dasarnya kosmetik untuk ibu hamil dan wanita pada umumnya sama saja. Hanya yang membedakan adalah, khusus untuk ibu hamil, sebaiknya mengindari produk kosmetik yang mengandung beberapa bahan berikut ini :

  • Hydroquinone, biasanya terdapat pada produk pemutih kulit. Kandungan tersebut akan masuk ke dalam kulit, melalui pori-pori kulit dengan julah yang cukup besar.
  • Tretinoin, biasanya terdapat para produk untuk mengatasi jerawat. Produk yang mengandung bahan ini biasanya tidak dijual bebas, dan membutuhkan resep dokter. Jadi ketika Anda memperoleh produk pembasmi jerawat yang menggunakan bahan tersebut, sebaiknya konsultasikan kembali hal ini dengan dokter terkait.
  • Vitamin A, siapapun juga tahu bahwa vitamin A ini baik untuk tubuh. Namun jika bahan tersebut terdapat pada produk kosmetik, dan digunakan dalam dosis berlebih, sedikit banyak akan berakibat pada proses pertumbuhan janin. Vitamin ini akan masuk ke dalam pori-pori kulit, dan akan menyebar ke pembuluh darah, ini yang secara tidak langsung dapat membahayakan janin, jika dalam dosis berlebih.

Sebaliknya, beberapa kandungan bahan kosmetik yang masih boleh digunakan, atau aman digunakan oleh wanita yang sedang hamil, antara lain asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, dan beberapa kandungan lainnya. Produk-produk tersebut tentunya digunakan di luar tubuh, bukan untuk dikonsumsi.

  1. Produk pembasmi jerawat

Apabila Anda sedang hamil dan berjerawat, sebaiknya gunakan bahan alami untuk membasmi jerawat, seperti menggunakan masker putih telur, atau bahan lainnya. Namun apabbila Anda tetap ingin menggunakan kosmetik untuk mengatasi jerawat, sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter terkait. Yang paling aman adalah dengan menjaga kebersihkan kulit wajah Anda,

  1. Produk kosmetik yang aman

Ketika Anda sedang hamil, sebaiknya minimalisir penggunaan kosmetik, agar kandungan kimia yang ada di dalam kosmetik tidak terlalu banyak masuk dan meresap ke dalam kulit. Ada beberapa produk yang masih dapat Anda gunakan secara rutin, dalam rangka menjaga kesehatan kulit tampak bersih, dan juga lembab, dan pastinya bebas jerawat, antara lain :

  • Produk pembersih wajah

Untuk membersihkan wajah, sebaiknya gunakan sabun yang terbuat dari bahan herbal, atau Anda dapat menggunakan scrub alami untuk membersihkan wajah, seperti menggunakan scrub dari bahan gula putih dan minyak zaitun. Namun jika Anda sudah mempunyai produk pembersih wajah sendiri, sebaiknya pastikan bahan-bahan yang terdapat pada produk tersebut aman untuk janin.

  • Pelembab

Fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda. Di pasaran sendiri, ada banyak sekali jenis pelembab, Anda dapat memilih jenis pelembab yang cocok, dan pastinya tidak mengandung bahan kimia berbahaya untuk janin.

  • Bedak

Penggunaan bedak, juga dinilai penting, agar wajah Anda tidak terlihat mengkilap. Bedak yang sebaiknya digunakan juga sebaiknya bedak yang aman, contohnya bedak bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *